Tips Skincare Untuk Wanita Berumur 30-an

Halo ND readers, biasanya wanita yang sudah berusia 30-an memiliki problematika kulit yang berbeda dengan mereka yang masih berumur 20 tahunan. Ketika sudah beranjak ke umur 30 kondisi kulit akan cenderung lebih kering dari sebelumnya, hal ini di karenakan oleh produksi kolagen di tubuh kita yang semakin berkurang sehingga elastisitas di kulit pun semakin berkurang. Mulai muncul garis-garis halus di wajah terutama di sekitar mata, dahi dan pipi. Tapi bukn berarti kita berenti merawat kulit kita lho, hanya saja di usia 30- an itu perawatan kulit menjadi sedikit berbeda dengan pada saat kita berusia 20-an. Berikut adalah tips merawat kulit di usia 30 an.

  • Sunscreen Adalah Kunci

Sebagus dan semahal apapun perawatan kulit, kalau ga rajin pake sunscreen itu adalah percuma saja. Kenapa? Karena sunscreen itu adalah pelindung kulit terhadap sinar matahari. Sinar matahari mempunyai beberapa efek yang dapat merusak kulit seperti membuat kulit kusam, menyebabkan flek, penuaan dini, dan kalau punya bekas jerawat akan membuat lama hilangnya. Masih banyak orang yang malas pakai sunscreen, memang kerusakannya tidak akan langsung terlihat, tetapi dalam beberapa tahun akan terlihat kulit lebih cepat menua dibandingkan mereka yang rajin memakai sunscreen.

Sunscreen wajib digunakan setiap hari, meskipun sedang hujan sekalipun. Sebenernya pemakaian sunscreen pun harus di ulang setelah 3-4 jam. Karena efektifitas sunscreen akan berkurang karena keringat ataupun air. Saya sendiri memakai sunscreen 2 kali dalam sehari yaitu pada saat pagi hari dan pada saat jam 12 siang. Untuk reapply sunscreen memang sepertinya agak repot, tetapi karena sekarang sudah banyak sekali bentuk sunscreen seperti dalam bentuk spray, sunstick dan bedak, menjadi lebih mudah dan praktis.

  • Brightening Serum

Umumnya orang Asia keliatan menu aitu di mulai dari kulit yang keliatan kusam dan kering jadi mudah menyebabkan garis halus di wajah, untuk itulah brightening serum itu penting banget. Selain membantu menghilagkan bekas jerawat, serum brightening itu membuat kulit jadi terlihat lebih cerah dan segar. Serum wajah yang mencerahkan itu biasanya mempunyai bahan baku seperti vitamin c, arbutin, niacinamide dan retinol.

  • Anti-aging Serum

Semakin berumur, produksi minyak dikulit semakin berkurang. Kondisi kulit yang kurang kelembapan akan membuat lebih cepat munculnya garis-garis halus di wajah. Selain melindungi, mencerahkan, kulit juga membutuhkan hidrasi yang cukup. Serum anti-aging biasanya akan terasa sedikit lebih lembab di kulit. Dari semua rangkaian skincare, biasanya serum termasuk kategori lumayan mahal, jadi cari yang benar-benar sesuai dan cocok dengan kebutuhan kulit.  

  • Olahraga dan Pola Makan Sehat

Olahraga dan pola makan sehat sekilas terlihat seperti jawaban klasik untuk orang yang menginginkan kulit yang sehat. Pada kenyataannya olahraga memang membantu memperlancar peredaran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menutrisi sel kulit dari dalam. Begitu juga pola makan sehat yang mengutamakan gizi seimbang. Utamakan mengkonsumsi makanan utuh dibandingkan makanan proses seperti fast food. Kurangi makanan-makanan manis, karena gula dapat mempengaruhi kolagen di kulit sehingga mengurangi elastisitas kulit dan menyebabkan jerawat.

  • Tidur Teratur

Tidur itu selalu dipandang sebelah mata, seolah-olah tidur itu ga punya pengaruh apa-apa ke kulit. Tetapi sebenarnya kualitas tidur yang bagus akan sangat membantu proses recovery tubuh yang juga berpengaruh kepada proses regenerasi kulit. Kalau dulu di umur 20 an mungkin sering begadang mengerjakan tugas kuliah, lembur di kantor atau nonton drama korea sampai pagi, coba sekarang lebih mementingkan kualitas tidur. Tidurlah dengan jadwal yang teratur, di jam yang sama setiap malam dan usahakan bisa mendapat tidur selama 6,5 sampai 8 jam. Supaya pada saat bangun akan terlihat segar, cukup istirahat dan tidak ada mata panda.

  • Treatment ke Klinik Kecantikan

Kalau punya budget lebih, bisa di gunakan untuk melakukan treatment di klinik kecantikan. Sekarang sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan perawatan wajah dengan menggunakan laser. Tetapi pastikan terlebih dahulu klinik kecantikan yang anda pilih itu memiliki reputasi yang bagus dan terpercaya. Beberapa perawatan di klinik kecantikan yang di tujukan untuk mengurangi garis halus di wajah antara lain adalah PRP. Seperti yang pernah saya bahas di blog post saya terdahulu. Selain itu PRP juga membantu mengatasi masalah kulit seperti bopeng, di mana bekas jerawat meninggalkan bekas yang dalam sehingga permukaan kulit menjadi tidak rata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s