Jalan-jalan ke Odaiba Tokyo (Things to do in Odaiba Tokyo)

 

Odaiba adalah salah satu daerah di Tokyo yang menawarkan banyak sekali jenis hiburan . Kita bisa mengalokasikan 1 sampai 2 hari penuh untuk berwisata di Odaiba. Letaknya sebenernya ga begitu jauh dari pusat kota, seperti contohnya jarak antara Shibuya dan Shinjuku ke Odaiba dengan mobil atau taksi kira-kira setengah jam. Kalau naik kereta sekitar 1 jam.

Waktu itu saya menginap di hotel daerah Shinjuku, saya naik kreta cuma 1 kali tanpa berganti kereta dan turun di stasiun Tokyo Teleport. Oiya, kalau bingung beli tiketnya, sebelum antri di mesin tiket, lebih baik ke counter information dulu, nanti mereka akan kasih kertas kecil yang berisi petunjuk pembelian tiket, tinggal bilang mau ke Odaiba. Satu hal lagi, di area odaiba ada free shutle bus yang bisa dipakai untuk berkeliling di area Odaiba aja, lumayan untuk menghemat ongkos. Tempat-tempat yang saya kunjungi di Odaiba:

 

Megaweb TOYOTA City Showcase

Tujuan utama saya ke Odaiba adalah ke Odaiba Ōedo-onsen-monogatari. Tapi karena saya berencana ke onsen jam 3 sore, jadilah saya pergi ke tempat lain terlebih dahulu. Di Odaiba ini ada yang namanya Megaweb TOYOTA City Showcase, berhubung anak saya suka sekali mobil, jadi saya ajak dia kesana. Tinggal jalan kaki 5 menit dari stasiun Tokyo Teleport. Megaweb TOYOTA City Showcase ini semacam tempat pameran mobil. Tidak hanya pameran, mereka pun menyediakan theatre, simulasi berkendaraan, permainan Virtual Reality mobil, sampai berbagai macam permainan mobil-mobilan anak.

Tiket Masuk:

Untuk masuk dan melihat mobil-mobil yang di pamerkan sih gratis. Tetapi kalau mau ikut permainan mobil-mobilan anak dan go-kart sih bayar. Satu kali permainan sekitar 300 yen (40 ribuan)

Jam buka: 11.00 – 19.00

Website : https://www.megaweb.gr.jp/about/english.html

Highlights :

Megaweb TOYOTA City Showcase terdiri dari beberapa bagian:

Technology zone

Isinya mobil-mobil dengan design futuristik yang keren dan aneh-aneh deh, yang ga pernah di liat dimana-mana. Seperti mobil-mobil yang ada di film bertema masa depan. Kalau mau main VR juga adanya di zona ini.

img_3098.jpg

img_3092

Line up zone

Ini lebih ke pameran berbagai macam mobil dari sedan , jeep sampe taksi. Bisa coba-coba duduk di dalem mobilnya, melihat fitur dan interior dalam mobil , yah kaya pameran biasa aja gitu. Cuma bedanya ama technology zone, mobil yang ada di technology zone ga bisa di naikin kaya mobil yang ada di line up zone. Anak saya aja udah cobain berapa mobil buat test drive kaya gini.

img_4774

Ride one/test drive zone

Ini bagian permainan dan test drive. ada beberapa jenis permainan mengendarai mobil disini dari umur 3 tahun sampai yang untuk dewasa. Untuk anak-anak permainannya terletak di dalam ruangan. Sedangkan untuk anak 6- 13 tahun, remaja  dan dewasa ada pilihan mengendarai go-kart di circuit kecil di luar gedung. Tapi ada syarat tinggi minimum 120 cm.

img_3125

img_3121.jpg
untuk anak 1-5 tahun baru bisa naik petit ride one ini
img_3123
ini untuk anak yang lebih besar

 

Giant Sky Wheel in Palette Town

img_4681

Tiket Masuk: dewasa ¥1000. Anak-anak ¥500. untuk Bayi gratis

Megaweb TOYOTA City Showcase ini letaknya menyatu dengan Pallete Town mall. Disana juga ada ferris wheel setinggi 115 Meter. Tinggal jalan 1 menit juga sampe. Sebelah-sebelahan sama Megaweb TOYOTA City Showcase.  Tetapi tidak boleh makan dan minum ya selama naik ferries wheelnya.

 

Odaiba Statue of Liberty Replica

Buat yang mau liat patung Liberty KW, sebelum ke New York bisa mampir dulu ke Odaiba. Hehe..

img_4628

 

Dari Megaweb TOYOTA City Showcase ke Odaiba Statue of Liberty Replica tinggal naik monorail aja. Ada juga sih shuttle bus yang lewat kesini. Di deket patung Liberty juga nyambung sama Odaiba seaside park dimana kamu bisa main di pantai atau naik Tokyo cruise/water bus dengan rute Odaiba-Asakusa. Bisa cek jadwal dan harganya di sini https://www.suijobus.co.jp/en/price/

Letak patungnya deket banget sama Aqua City Odaiba mall. Kalau udah deket jam makan siang bisa mampir ke Aqua city. Disitu ada tempat khusus ramen namanya “Tokyo Ramen Kokugikan Mai”. Jadi 1 tempat isinya ramen restoran semua. Banyak banget pilihannya, dan semua tempat ramen harus pesen lewat vending machine dulu, setelah bayar bakal keluar tiket, nah tiket ini di kasih ke pelayannya. Kita tinggal duduk aja tungguin ramennya dateng.

img_5275

 

img_4653

 

Odaiba Ōedo-onsen-monogatari

Tempat terakhir yang saya kunjungin di Odaiba adalah Odaiba Ōedo-onsen-monogatari. sebenarnya ya kita bisa menghabiskan waktu seharian disini, lalu sehari lagi untuk keliling ke tempat lainnya di odaiba. Untuk sampai ke Odaiba Ōedo-onsen-monogatari, saya kembali ke stasiun Tokyo Teleport menunggu free shuttle bus ke onsen. Busnya warna merah dan ada tulisan onsen-nya, jadi jangan sampe salah naik ya..

img_3143.jpg
Free Shutle bus ke Odaiba Ōedo-onsen-monogatari

 

Pemesanan tiket Odaiba Ōedo-onsen-monogatari ini melalui online, nantinya tiket onsen harus kita redeem dulu di beberapa counter yang ada di tokyo seperti di Haneda Airport atau Shinjuku, jadi pas kesana tinggal kasih tiket. Sebelum masuk ke Odaiba Ōedo-onsen-monogatari, kita harus taro sepatu di locker terlebih dahulu, baru deh antri tiket.

Saya beli tiketnya di https://www.klook.com/activity/1314-oedo-onsen-monogatari-tokyo/

Harga Tiket: dewasa Rp. 218.000 (bisa berubah tergantung harga yen)

Jam buka: jam 11 pagi sampai dengan jam 9 pagi di hari selanjutnya.

website Odaiba Ōedo-onsen: https://daiba.ooedoonsen.jp/en/

img_3141
tiket Odaiba Ōedo-onsen-monogatari untuk dewasa dan anak-anak
img_3255
loker sepatu
img_3145
tempat sewa yukata

setelah selesai di counter tiket, kita bakal di kasih kunci locker untuk ruang ganti (jadi kita pegang 2 jenis kunci), terus ke counter yukata dulu deh buat sewa yukata. Sewa yukata ini udah termasuk dalam harga tiket ya, kita bebas mau pilih motif yukata yang mana. Saya pilih yukata bernuansa pink dan ungu, sedangkan buat anak, yukata warna hijau.

img_3243

kunci loker ruang ganti ini akan disertai barcode yang gunanya untuk jajan makanan di dalam dan bayar segala permainan maupun fasilitas pijit. Karena kalau sudah masuk ke dalam, mereka tidak menerima pembayaran tunai. Di akhir pada saat pulang itulah, mereka akan cek barcode kamu untuk mengetahui kamu belanja apa aja di dalam onsen baru deh di total dan di bayar.

img_3251

Ini kali pertama saya berkunjung ke onsen. Onsen itu adalah tempat pemandian umum, di mana kita bisa berendam di air hangat. Tetapi Onsen itu tempat publik ya, jadi kita berendam bareng orang lain yang satu gender (wanita semua atau laki-laki semua). daaan kita berendamnya sama sekali ga pakai baju. yang mana saya ga sanggup melakukannya wkwkwkwkwk….

Abis gimana ya, walaupun sesama perempuan perasaan sih tetep ngerasa ga nyaman aja gitu. Untuk yang berani, harus coba deh berendam di onsen. Ada juga sih onsen privat alias berendam sendiri, biasanya ada di hotel tempat onsen itu berada. Bedanya onsen ada di dalam kamar, jadi bisa berendam dengan tenang sendirian. Tapi tentu aja harganya berbeda dan lebih mahal dari onsen biasa. Nah, pasti bingung kan, dateng ke onsen tapi ga nyobain onsen terus ngapain dong?

Odaiba Ōedo-onsen-monogatari itu ga cuma menawarkan onsen aja kok, banyak hal lainnya yang bisa kita lakukan disana. Di dalamnya ada semacam summer-night-market vibe. serasa ada di pasar malam gitu. Kan tempatnya indoor, didalamnya itu ada berbagai macam permainan buat anak-anak, ada tempat makan yang banyak pilihannya, juga ada tempat pijit dan taman di luar untuk foot bath.

img_3158
permainan anak di Odaiba Ōedo-onsen
img_3152
suasana di Odaiba Ōedo-onsen
img_3201
Odaiba Ōedo-onsen- food court

 

img_3238
Odaiba Ōedo-onsen foot bath

Saya betah banget disini, suasananya enak dan makanannya banyak. kalau mau cari pengalaman jalan-jalan di Tokyo selain berbelanja, Odaiba Ōedo-onsen ini bisa jadi pilihan wisata yang cocok buat keluarga. Anak-anak pun ga bosen main disini. Odaiba Ōedo-onsen juga ada penginapannya lho, kalau mau berlama-lama disini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s