Membangun Motivasi Untuk Berolahraga

Temen saya ada yang pernah bertanya “kok lo bisa sih konsisten dari dulu ampe sekarang rutin olahraga?, gimana sih caranya supaya bisa konsisten gitu?”

Sebernernya agak bingung juga jawabnya, karena olahraga itu bagi saya merupakan bagian dari pola hidup yang udah saya jalananin bertahun-tahun. Mungkin yang teman saya maksud itu bagaimana memaksa diri untuk memulai dan mempertahankan ritme yang sudah ada.

Pertama saya rasa yang terpenting sebelum memulai dan menjalani sesuatu yang berkelanjutan itu adalah niat awal atas sesuatu tersebut. Untuk olahraga, dulu niat awal saya mau nurunin berat badan dan menjaga badan aja. Bukan untuk memamerkan kalau saya itu rajin olahraga lho (buat apa juga). Kalau kita udah menemukan niat kita untuk serius melakukan sesuatu, pasti kita akan cari jalan dong bagaimana mewujudkan niat kita menjadi kenyataan.

Mulailah saya cari jenis olahraga seperti apa yang saya suka dan yang membantu saya menurunkan berat badan. Dulu jenis olahraga belum begitu variatif, yang ada cuma aerobic, BL, yoga dan pilates. Karena untuk menurunkan berat badan itu perlu olahraga cardio, jadilah saya pilih aerobic biasanya.

Bagian paling susah itu ya menemukan “will power” atau motivasi untuk memulai olahraga itu. Waktu itu saya masih kuliah, dan tempat senamnya rada jauh, ditambah naik angkotnya musti ganti beberapa kali. Dulu juga belum ada gojek yang praktis. Kalau bawa mobil pun, selalu susah parkir dan kalau telat dikit aja ga dapet parkir sama sekali (waktu itu saya baru bisa bawa mobil jadi udh stress duluan mikirin parkir).  Kalau jadwal senamnya lebih pagi daripada jam kuliah saya waktu itu juga, rasanya males banget bangun tidur siap-siap senam. Percayalah hambatan mah banyak kalau kita mau cari alesan untuk ga pergi olahraga.

Berhubung saya udah niat, ya saya paksa diri saya untuk bangun pagi dan pergi senam. Parkir susah? Yauda pake angkot aja. Mau bawa mobil tapi gam o ribet parkir? Ya dating lebih pagi pas orang-orang belum pada dating, suapaya parkiran masih sepi. Hehehe…. Dulu juga temen senam saya banyakan ibu-ibu, yang seumuran saya cuma itungan jari. Dari pengalaman saya tersebut, konsistensi itu bisa tercipta apabila kita:

  1. Punya niat yang kuat

Jangan olahraga cuma supaya bisa posting di sosmed ya. Olahraga itu kan manfaatnya buat jangka Panjang, supaya kelak kondisi badan kamu fit walaupun sudah berumur. Inget-inget lagi apa manfaat yang akan kamu dapet kalau kamu bisa mengatasi rasa males kamu. Mau pake alesan ga punya waktu ke gym? Kamu bisa kok olahraga dirumah dengan pake video youtube aja. Jaman sekarang pilihan banyak, akses informasi gampang banget dicari.

     2. Jadikan olahraga ini sebagai bagian dari kebiasaan kamu.

Seperti juga orang yang kalau bangun tidur itu langsung ke toilet buat cuci muka, ada juga yang langsung bikin kopi. Semua orang melakukan hal yang berbeda pada saat mereka bangun tidur itu karena itu sudah merupakan kebiasaan yang sudah mereka lakukan bertahun-tahun. Seperti itu juga olahraga, kalau kamu udah terbiasa berolahraga 2 kali seminggu, begitu kamu ga bisa olahraga karena sesuatu hal, kamu akan merasa kok seperti ada yang kurang di diri saya.

Cara lain membentuk olahraga sebagai kebiasaan adalah dengan misalnya melakukan 3 kali seminggu, lalu dalam waktu 60 hari kamu coba lakukan secara konsisten tanpa skip. Di akhir 60 hari itu biasanya di dalam diri kamu udah terbentuk pola kebiasaan olahraga itu. Silahkan dicoba sendiri ya 🙂

3. Jangan tergantung orang lain

Kamu olahraga demi untuk menjaga kesehatan diri kamu sendiri, bukan orang lain. Saya lihat beberapa orang mau olahraga asalkan ada temen yang bisa diajak barengan olahraga. Terus kalau temen itu males olahraga, kamu juga ikutan absen. Kalau saya pribadi, teman tidak menentukan niat saya untuk olahraga. Kalau mau ikut ayo, kalau ga mau ya terserah, saya bisa pergi sendiri kok. Ada tidaknya yang menemani tidak berpengaruh terhadap niat saya. Saya lakukan demi kesehatan saya, kenapa saya harus menggantungkan motivasi saya kepada orang lain? Toh di tempat olahraga bisa dapet teman baru.

       4. Beli baju olahraga yang bagus

Kadang ya hal kecil kaya gini membantu bikin kita makin semangat untuk olahraga. Dengan baju olahraga kece yang bikin badan kita terlihat bagus dan terasa pas itu bikin saya tambah termotivasi untuk olahraga. Oh ya, baju olaharaga yang lumayan bagus dan harganya masih terjangkau itu adalah cotton on. Ini favorit banget, sport bra, celana, kaos, tank top dan sport jacketnya bagus, bervariasi dan stylish. Tapi inget, beli seperlunya, jangan sampai belanja baju olahraganya lebih sering dari pada melakukan olahraga itu sendiri.

   5. Membuat target

Dengan tujuan pasti, kita akan cari jalan untuk mewujudkannya. Seperti punya target mau turun berat badan 5 kg, pasti kita akan lebih giat lagi olahraga sampai target itu tercapai. Atau mungkin kamu punya target punya perut rata (ga usah ampe six pack banget), pengen muat lagi pake celana jeans jaman kuliah dulu, lengan sexy atau kaki yang berotot. Dengan membuat target, akan membuat kamu mencari tau bagaimana cara mewujudkannya plus juga tambah semangat olahraganya.

Kunci konsistensi itu adalah niat yang serius dan motivasi diri sendiri. Semua di mulai dari diri kamu. Daripada sibuk cari alasan kenapa selama ini belum mulai olahraga juga, lebih baik cari jalan bagaimana menjadikan olahraga sebagai bagian dari pola hidup kamu. Kadang ngerasa jenuh wajar kok, istirahat aja sejenak tapi jangan kebablasan ya. Satu hal yang kadang bikin pola olahraga itu berantakan adalah liburan. Saya waktu pergi liburan ke jepang 2 minggu, olahraganya ya jalan kaki aja kemana-mana. Pulang liburan mager banget, tapi yah harus mengalahkan rasa malas itu dan balik lagi senam 2 minggu kemudian. Percaya deh kalau kamu rajin olahraga, badan kamu terasa lebih segar, kulit kamu jadi lebih bersih dan mood kamu jadi lebih bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s