SUMBER BELAJAR SAHAM PART 1: SOCIAL MEDIA

Saya bukan educator saham, saya hanya investor biasa. Saya juga merasa ragu apakah mau menulis blog post tentang saham atau tidak di blog saya ini. Tapi karena bagi saya berbagi sesuatu yang bermanfaat itu tidak ada salahnya. Sebelumnya saya disclaimer dulu ya, saya akan menuliskan belajar mengenai saham dari sudut pandang pemula. Salah satu penyesalan saya dalam hidup adalah kenapa ga nabung saham dari umur 20 an? Kenapa ga tau soal saham saat umur 20 an? Kalau mulai dari awal kan pastinya cuannya juga lebih banyak, hehe… saya sebenernya mulai kepikiran saham itu di tahun 2017. Saat itu bener-bener buta saham, ga tau apa-apa soal saham. Ada temen yang katanya ada punya saham, tapi belum sempet ketemu dan Tanya-tanya soal saham, dia keburu pergi deh pindah keluar negeri. Saya pun akhirnya jadi mengurungkan niat. Baru nih awal-awal tahun 2020, saya kembali penasaran ama yang namanya saham. Oh iya saham disini konteksnya saham yang listing di bursa ya bukan saham di private company.

Kali ini saya ga menyerah begitu aja, karena ga ada teman yang tau tentang saham ya saya akhirnya berusaha cari sendiri. Berawal dari akun instagram seorang financial planner yang waktu itu beberapa kali menyebutkan “nabung saham”. Saya pun penasaran, lanjut mencari tahu tentang saham. Saya mulailah browsing di google, ketemu  beberapa blog dan saya langsung pusing bacanya.

Banyak banget bahasa yang saya ga ngerti, seperti emiten, return on equity, earning per share, buyback, quarterly report, dll. Berhubung masih awam banget ya maklum lah ya. Kemudian saya cari-cari buku yang sekiranya menjelaskan mengenai saham yang mulai dari basic yang dasar banget, ibaratnya buku saham for dummies. Belajar saham itu menurut saya banyak sekali aspeknya, karena itulah saya mau membuat pos berseri mengenai belajar saham.

Saya akan membagi blog post mengenai sumber belajar saham sebagai berikut:

  1. Instagram
  2. Buku-buku saham
  3. Podcast
  4. Seminar
  5. Youtube
  6. Komunitas

Akun Instagram Tentang Saham

Kenapa saya menempatkan Instagram sebagai sumber belajar nomor 1. Karena sejujurnya saat awal saya penasaran melihat perihal saham adalah dari social media Instagram. Sekarang juga kan umumnya orang lebih senang melihat Instagram ketimbang artikel-artikel tentang saham yang ada di google. Gunakanlah akun intagram kamu bukan hanya untuk random scrolling, tetapi juga sebagai sumber belajar. Jaman sekarang sih udah enak banget ya kalau mau cari-cari informasi tentang belajar saham. Bener-bener bertebaran dimana-mana, tinggal bagaimana kita memilih yang sesuai dengan diri kita.

Akun instagram yang banyak memberi informasi mengenai saham diantaranya adalah @ngertisaham, @Glimpse.inc dan @investormuda. Kalau kamu pemula banget, dalam arti ga ngerti sama sekali tentang saham, ga tau cara buka rekening saham, pokoknya mau mulai dari 0 dan kamu ga mau yang berbayar. Maka akun Instagram @ngertisaham cocok buat kamu. Akun ini banyak memberi edukasi saham untuk level pemula dan semua informasinya juga tidak berbayar. Dari cara membuka rekening saham, istilah-istilah dalam dunia saham, sampai analisis fundamental dan teknikal lumayan lengkap dibahas disana.

Nah kalau kamu udah lumayan mengetahui tentang pasar modal dan udah punya rekening saham, terus lagi mencari mentor dan seminar yang berkualitas dalam mendalami ilmu saham maka akun @glimpse.inc dan @investormuda patut buat di follow. Kalau kamu lebih fokus ke aliran fundamental analysis, @Glimpse.inc akan lebih cocok buat kamu karena mereka bener-bener mengutamakan prinsip investing. Seminar @glimpse.inc yang pernah saya ikuti juga worth it banget untuk harga yang di bayarkan. Pembahasan lengkap mengenai cara membaca laporan keuangan, bagaimana menentukan harga wajar saham, mengetahui prospek suatu perusahaan sampai tentang money management dalam berinvestasi. Untuk kamu yang berjiwa trader, @investormuda bakal lebih menarik karena akun ini banyak memberi ilmu gabungan dari fundamental dan technical analysis.

Sumber Belajar Saham: Podcast

Podcast tentang saham yang bagus banget buat di ikutin adalah “The Rule 1 Investing” Podcast Podcast juga salah satu media belajar tentang saham. Saya sendiri suka mendengarkan podcast berbahasa inggris yang di buat oleh Phil Town dan Danielle Town. Pembicaranya itu adalah ayah dan anak. Sang ayah Phil Town merupakan seorang investor saham yang sudah berpengalaman selama 30 tahun, sedangkan sang anak,Danielle tidak punya investasi saham (pada awal podcast, sekarang sih udah) karena dia takut berinvestasi dan sama sekali ga ngerti apa-apa mengenai saham.  Saya mendengarkan mereka dari podcast awal sampai sekarang, udah ada sekitar 292 episode.

Mereka ngobrolin saham dari dua sudut pandang berbeda, dan saya merasa posisi kita yang awam ini sama seperti Danielle yang takut berinvestasi. Seiring dengan berjalannya waktu, pikiran Danielle pun berubah terhadap saham dan memulai investasinya sendiri.

Jangan kira podcast ini isinya cerita drama ayah dan anak lho ya, podcast ini berisi banyak sekali ilmu tentang saham seperti prinsip dasar saham ala Charlie Munger (patnernya warren buffet), hal-hal yang harus diperhatikan dalam berinvestasi saham, bagaimana management perusahaan yang baik dan layak menjadi investasi kita, tipe-tipe MOAT, management analysist dan banyak lagi. Dengerin podcast-nnya dicicil aja, karena udah lumayan banyak episodenya, dulu saya marathon dengerinnya sehari 3 podcast supaya cepet habis.

Sumber Belajar Saham: Youtube

Saya sebenernya ga terlalu pakai youtube sebagai sumber belajar, kebanyakan buat entertainment aja. Tapi kayanya saya harus mulai manfaatin youtube buat belajar juga deh. Ada beberapa youtube channel yang saya jadikan pembelajaran dari orang-orang yang sudah saya sebutin tadi diatas seperti Ryan filbert, phil town itu masing-masing juga punya youtube channel yang ga melulu soal saham sih, tetapi bukan berarti ga menarik. Karena isi youtube channel mereka juga membahas tentang managing money, bentuk investasi lain , reksa dana, membangun kekayaan dan lain-lain.

Youtube channel yang membahas saham yang menurut saya bagus itu astronacci internasional, jie kusumo, RF channel dan untuk investasi reksadana bisa tonton channel youtube Felicia Putri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s