SUMBER BELAJAR SAHAM PART 2: BUKU

Setelah menemukan akun-akun Instagram tentang saham, media belajar saya selanjutnya adalah buku. Kita ga bisa menelan mentah-mentah segala informasi yang terima dari social media, karena itulah kita wajib membaca buku tentang saham. Saking awam-nya saya dulu, saya sampai beli 3 buku yang diperuntukkan untuk investor pemula. Setelah saya udah agak mengerti mengenai istilah-istilah di pasar modal baru deh beli buku yang lebih “berat” dari buku investor pemula. Berikut ini beberapa buku- buku yang pernah saya baca:

  1. Think Rich And Grow Rich by Napoleon Hill dan Rich dad poor dad by Robert Kiyosaki

Lho? Ini kan bukan buku saham, apa hubungannya sama saham? Well, dua buku ini udah pernah saya tulis di blog post lainnya.

Memang kedua buku ini bukan buku  tentang saham, tapi menurut saya buku ini harus dibaca dulu sebelum kamu memulai berinvestasi. Dua buku ini bakal memberi kamu inspirasi dan mindset yang tepat untuk menjadi seorang investor saham. Cara berpikir yang benar juga ga kalah penting dengan analisis fundamental dan teknikal. Supaya kamu nantinya ga lagi berpikir untuk cepet-cepet kaya dengan investasi saham. Saya ga akan membahas ulang tentang kedua buku tersebut. Silahkan baca di sini Book Review: Rich Dad Poor Dad By Robert Kiyosaki dan Think and Grow Rich by Napoleon Hill

  • Ryan Filbert dan Nick Hogan

Kalau kamu awam banget soal saham, wajib deh baca buku ini. Buku ini tuh ditulis dengan bahasa simple yang mudah dimengerti.  Memberi gambaran dasar mengenai saham untuk yang baru belajar. Selesai baca buku ini saya masih penasaran, jadilah say abaca buku lainnya karya bapak Nick Hogan yang berjudul sama “Yuk Nabung Saham”.

Buku Nick Hogan lebih singkat di bandingkan buku Ryan Filbert yang intinya nabung saham itu simple, tinggal pilih perusahaan yang kamu suka atau yang kamu sering pakai produknya. Sedangkan buku Ryan Filbert selain memberikan pengetahuan dasar soal saham, dia pun menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana membuka rekening saham, step by step hingga menjelaskan aplikasi yang di gunakan oleh sekuritas. Poin ini penting bagi saya karena ini semakin mendorong dan mempermudah saya untuk memahami secara teknis bikin rekening saham itu seperti apa. Buku Ryan filbert membahas pembukaan saham dengan salah satu perusahaan sekuritas yang terdaftar di IDX, kalau kamu mau membuka rekening di sekuritas lain ya gak apa-apa juga.

Baca juga buku-buku lain karya Ryan Filbert, seperti “Other Stream of Income”, “Passive Income Strategy”, dan “Investasi Saham Ala Fundamentalis Dunia” untuk yang berminat menjadi investor. Sedangkan untuk yang mau menjadi trader, ada buku “Investasi Saham Ala Swing Trader Dunia”. Buku “Investasi Saham Ala Swing Trader Dunia” lumayan sulit di pahami buat pemula, karena berisi technical analysis dengan metode candle stick. Jadi untuk pemula, buku “Investasi Saham Ala Swing Trader Dunia” bisa di skip dulu.

  • Benjamin Graham “Intelligent Investor”

Buku yang wajib di baca untuk investor saham, buku ini ditulis dalam bahasa inggris. Tebal luar biasa buku ini, butuh waktu buat menyelesaikan bacanya. Tingkat kesulitan membacanya lumayan tinggi apalagi yang versi Bahasa inggrisnya. Sebaiknya sih, kamu mengerti dasar-dasar tentang saham kemudian coba pelajari istilah-istilah saham dalam bahasa inggris untuk memudahkan kamu memahami isi buku ini. Walaupun sulit, banyak sekali lho ilmu yang bisa di dapat dari buku ini.

  • Edianto Ong “Technical Analysis For Mega Profit”

Bagi yang mau serius jadi trader, buku Edianto Ong bagus buat jadi referensi. Belajar analysis technical sejujurnya susah banget buat saya, tapi kalau ga di mulai ga akan bisa paham juga kan. Buku ini membahas technical analysis dari dasar sih, apa yang disebut support dan resistant, bagaimana mengamati volume jual beli saham dan berbagai macam pattern candle stick. Bagi saya sih penjabaran technical analysis di buku ini lebih mudah dicerna  dari buku Ryan Filbert yang berjudul “Investasi Saham Ala Swing Trader Dunia”.

  • Hery, S.E,M.Si,CRP.,RSA “Analisis Laporan Keuangan”

Untuk penganut aliran fundamental analysis, harus bis abaca laporan keuangan emiten yang di minati. Sebagai orang yang tidak berasal dari latar belakang finance, saya ga ngerti apa-apa soal laporan keuangan apalagi cara membacanya. Apa aja yang perlu di perhatikan dalam laporan keuangan dan bagaimana cara tau suatu perusahaan itu untung atau rugi. Maka itulah saya membaca buku ini untuk mencoba memahami laporan keuangan. Untuk yang tidak punya background Pendidikan ekonomi seperti saya, baca buku ini lumayan susah. Apalagi banyak angka-angka yang bikin pusing. Tapiii jangan gampang menyerah ya, walaupun susah saya mencoba membaca bagian yang saya ga mengerti beberapa kali sampai paham.

Christoper Tertius “Langkah Kecil Berinvestasi Saham”

Buku ini di tulis oleh pemilik akun Instagram @bacasaham. Bukunya tipis, dan mudah di baca. Buku ini juga cocok buat pemula. Pembahasannya seputar investasi saham berdasarkan analisis fundamental. Buku ini membahas antara lain cara memilih saham dengan menggunakan rasio keuangan seperti, PER, PBV, DER, ROE dan NPM. Tapi ga semua perusahaan bisa di pilih hanya berdasarkan rasion keuangan aja lho, ada juga yang menjebak jika hanya melihat rasio keuangan. Hal lain yang penting di bahas buku ini juga tentang beli dan jual saham di harga berapa? Harus hold saham berapa lama? Menentukan harga wajar saham dan membahas juga tentang money management yang baik dalam berinvestasi saham.  

Joeliardi Sunendar “Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan”

Kalau kamu investor saham, biasanya kamu udah tau siapa pak Joel ini. Investor senior yang banyak banget pengikutnya. Beliau juga mengadakan seminar yang hanya diadakan 1 tahun sekali dan lumayan aktif di stockbit. Ini dia buku yang menjelaskan mengenai cara memahami laporan keuangan dengan mudah. Buat pemula di saham sih ini buku recommended banget. Dalam buku ini membahas mengenai bagian mana saja yang penting untuk di perhatikan investor dalam menganalisa laporan keuangan. Seperti bagaimana membaca dan memahami Laporan Laba Rugi, EPS, hutang perusahaan, neraca dan laporan arus kas, supaya bisa tau sehat atau tidaknya keuangan perusahaan yang dipilih. Beliau juga punya akun Instagram @Joeliardisunendar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s