SUMBER BELAJAR SAHAM PART 3: SEMINAR SAHAM DAN KOMUNITAS

Tentunya menghadiri seminar atau workshop tentang saham itu penting banget lho. Disini lah kesempatan kita untuk bertanya-tanya mengenai hal-hal yang masih belum kita mengerti kepada orang-orang yang sudah lebih ahli daripada kita. Ga usah malu-malu bertanya, kalau kamu pikir pertanyaan kamu itu pertanyaan bodoh, ga usah ragu langsung Tanya aja. Ga usah malu, kita semua sama-sama belajar kok.

Biaya untuk ikut seminar saham yang basic itu cuma 100 ribu, itu pun 100 ribu akan di masukkan ke rekening saham kamu. Jadi itungannya gratis ya, kamu hanya tinggal bayar ongkos pergi dan makanannya aja (kalau kamu pesen makanan). Biasanya di adain di tempat makan oleh berbagai sekuritas.

Kok bisa masuk ke rekening saham, kan saya belum punya. Nah di seminar-seminar yang diadain sekuritas biasanya kamu hanya bayar 100 ribu dengan syarat kamu nantinya akan buka rekening dana investor di perusahaan sekuritas mereka. Sebagai gantinya kamu akan dapet edukasi tentang saham.

Dimana menemukan seminar kaya gini? Banyak sering di sebut oleh akun instagram @ngertisaham, atau browsing di google. Cari info aja ke sekuritas-sekuritas pilihan kamu, biasanya tersedia kok kelas semacam itu setiap bulan. Kamu bisa cek di website www.maubelajarapa.com yang juga sering mengadakan kelas tentang saham.

Untuk seminar yang memberikan value dan pengetahuan lebih mendalam soal saham, bisa cek seminar yang diadakan @Glimpse.inc dan @investormuda. Apa sih bedanya seminar dari akun Instagram yang berbayar? Worth it ga? Kalau untuk saya pribadi worth it banget ikut seminar dari @glimpse.inc dan @investormuda. Harga seminarnya memang ga bisa di katakan murah tapi sebanding kok dengan manfaat yang akan didapatkan.  Buat saya biaya seminar seperti itu adalah suatu bentuk “investasi otak” saya untuk diri saya sendiri. Seminar berbayar juga biasanya di barengi dengan ilmu dan informasi yang lebih mendalam dan spesifik dibandingkan ilmu yang kita dapatkan dengan gratis.

Dulu sih saya ikut seminarnya 2 hari berturut-turut dan ilmu yang di dapat luar biasa banyak ditambah adanya komunitas investor muda yang bikin saya ketemu dengan orang-orang seperti saya. @investormuda juga sering mengadakan IG live dengan kolaborasi orang-orang yang ahli di bidangnya

Terkadang ya kita pikir, “ah ngapain ikut yang berbayar gitu? Yang gratis aja, kan sama aja”, terus tanpa ilmu yang memadai dan langsung hajar belanja saham di market. Ternyata malah sampai cutloss banyak yang mungkin jumlahnya itu seharga biaya “seminar berbayar” itu. Selama harga seminarnya masih wajar, kenapa tidak berinvestasi ke diri kita sendiri terlebih dahulu dan membekali diri kita dengan pengetahuan yang memadai sebelum terjun langsung ke market.

Komunitas Yang Terpercaya

Nah di luar semua sumber belajar saham yang saya sebutkan diatas, ada satu lagi yang menurut saya juga penting yaitu komunitas saham yang terpercaya. Sekarang kan banyak tuh group-group whatsapp dan telegram yang banyak beredar. Saya sendiri juga sempat mengikuti group whatsapp yang free, alias untuk masuk ke sana ga bayar. Sebagai pemula waktu itu rasanya overwhelmed alias kewalahan banget  atas informasi yang di share tiap hari dari berbagai group. Kebanyakan ya isinya pom-pom saham tertentu, pernah juga kok saya kena pom-pom, beli saham berdasarkan yang banyak disebut-sebut di group itu. Pastinya saya beli di harga yang salah dan harus cutloss. Lagi-lagi harga yang harus dibayar untuk belajar saham (iya ini termasuk belajar, karena ga mungkin orang yang inves saham ga pernah ngerasain rugi atau cutloss).

Akhirnya saya memutuskan untuk ikut komunitas yang berbayar, dan ternyata itu adalah sebuah keputusan yang benar. Setelah ikut komunitas, saya leave group-group saham yang menurut saya kurang bermanfaat. Dengan mengikuti komunitas yang terpercaya, saya mendapat ilmu pengetahuan baru dan juga teman-teman baru yang sefrekuensi dengan saya. Hal ini juga membawa pengaruh positif dalam cara saya berinvestasi. Disana saya belajar bahwa untuk membeli saham itu kita harus punya dasar pemikiran yang benar, ga hanya ikut-ikutan rekomendasi orang. Selain itu banyak diskusi bermanfaat di dalam group tersebut yang membuat saya termotivasi juga. Menurut saya penting untuk gabung di komunitas, apalagi jika dalam komunitas itu banyak orang yang lebih pintar daripada saya sehingga saya termotivasi untuk bisa sepintar mereka.

PS

Learning ga melulu bikin stress kok, makanya cari sesuatu yang bikin kamu seneng mempelajarinya atau bikin kamu penasaran sampai jadi kepo pengen belajar. Bagian terpenting itu adalah niat, segala sesuatu yang kamu niatkan lakukan pasti akan membuka jalan buat kamu untuk mendapatkannya. Cobalah belajar sendiri, kamu boleh-boleh aja nanya orang, tapi sebaiknya kamu pun harus tidak tau dulu hal mendasar tentang saham yang kamu mau pelajari. Jangan karena kamu malas baca dan malas ikut seminar, kamu mau ambil jalan pintas tanyain segala hal yang sebenernya bisa kamu pelajari sendiri telebih dahulu. Investasi saham itu mirip sama skincare, its a personal preference. Misalnya Investasi di suatu saham yang menurut saya bagus, belum tentu benar. Kamu ga bisa langsung percaya dengan pendapat saya tanpa melakukan riset kamu sendiri terhadap saham tersebut. Niat dan ketekunan itu pasti membawa hasil kok. Saya ga klaim kalau saya jago saham lho, wong saya aja baru belajar juga kok. Makanya kalau ada yang Tanya ke saya soal saham, saya ga bisa rekomendasi apa-apa. Saya juga masih coba-coba kok. Saya Cuma ingin menyampaikan media, platform dan tempat saya dari awal mempelajari saham dari awal sampai sekarang yang notabene-nya baru seumur jagung. Saya masih harus banyak belajar lagi. Pada akhirnya kalau kita sudah membaca banyak buku, ikut berbagai seminar, nonton beragam youtube video tentang saham dan join komunitas, yang paling penting adalah ACTION. Kamu harus berani praktek langsung dan beli saham incaran kamu (yang tentunya udah kamu Analisa dulu lho ya) supaya gak sia-sia semua hal yang udah kamu pelajari 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s