Memulai Skincare Routine

Pertama-tama saya mau disclaimer dulu ya. Setiap orang punya kondisi kulit yang berbeda, karena itu lah suatu produk perawatan kulit bisa jadi cocok banget di satu orang tapi malah bikin jerawatan di orang yang lain. Beberapa teman masih bingung bagaimana sih cara memulai dari mana dulu, gimana sih urutan yang benar atau bagaimana sih pilih produk yang cocok untuk kulit.

Minimal Skincare routine:

Minimal dalam arti standard awal skincare itu adalah clean, treat and protect. Yang di maksud disini adalah, hal dasar dalam merawat kulit itu diawali dengan membersihkan kulit. Kulit yang bersih adalah kanvas yang baik untuk penyerapan produk skincare selanjutnya. Kemudian dilanjutkan  dengan treat atau melembabkan kulit dan di akhiri dengan protect, yaitu perlindungan kulit dengan pemakaian sunblock dengan minimal SPF 35. Tapi nih ya, saya pribadi selalu pakai sunblock dengan SPF 50 PA ++++ karena memberikan perlindungan maksimal. Pemakaian SPF tentu saja hanya untuk pagi hari.

Apakah clean, treat and protect itu aja cukup? tentu tidak, hehe… itu hanya langkah awal saja sebelum perlahan kita membentuk skincare routine kita sendiri.

Umumnya sih langkah-langkap pemakaian skincare yang akan saya jelaskan ini adalah hal yang saya lakukan setiap hari di malam hari:

  1. Double cleansing
Favourite Cleansers
Face Cleansers

Double cleansing itu adalah 2 langkah metode membersihkan wajah. Produk yang di gunakan ada 2 jenis yaitu pembersih yang berbahan dasar oil dan pembersih seperti sabun muka. Pembersih yang berbahan dasar oil itu contohnya kaya biore cleansing oil, heimish cleansing balm. Bentuknya cair seperti minyak atau seperti balm. Pada saat di aplikasikan di wajah, pembersih itu akan berubah menjadi oil yang menghapus semua make up dan sunblock di wajah. Setelah itu cuci muka dengan air biasa, maka cleansing oil itu pun akan berubah bentuk menjadi air. Baru setelah itu cuci muka dengan menggunakan sabun muka. Saya pernah mereview beberapa produk double cleansing di post The First Important Skincare step: CLEANSING

Kegunaan: untuk mengangkat seluruh kotoran yang menempel di muka setelah seharian beraktifitas, bahkan kalau cuma pake sunblock saja. Sunblock hanya bisa dibersihkan dengan double cleansing.

Apakah bisa di skip ? NO

  1. First essence
Sulwhasoo First Care Activating Serum EX
Sulwhasoo First Care Activating Serum EX

Selesai mencuci muka, jangan dikeringkan pakai handuk ya. Tunggu sampai setengah kering, lanjutkan dengan first essence.

Kegunaan: mempersiapkan kulit untuk menerima skincare selanjutnya.

Apakah bisa di skip ? saya sih no, tapi kalau masih newbie sementara YES bisa di skip

Contoh first essence: SK II FTE, Sulwhasoo FCAS

  1. Toner

Lanjutkan dengan pemakaian toner. Toner yang biasa saya pakai adalah toner yang membantu melembabkan kulit, bukan toner yang mengandung alcohol lho ya.

Kegunaan: untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi.

Contoh toner itu banyak banget sih, tinggal cari toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Kalau kulit kering pilih toner yang mengandung hyaluronic acid seperti Isntree hyaluronic acid toner, untuk yang berjerawat bisa pilih toner yang mengandung cantella.

Apakah bisa di skip ? NO

  1. Serum dan face oil

Setelah toner, berikutnya adalah serum. Serum itu adalah produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang terkonsentrasi dan bisa menyerap lebih dalam ke kulit. Makanya sering kali serum itu harganya mahal. Memilih serum juga sebaiknya sesuai permasalahan kulit. Kalau saya punya beberapa serum yang kegunaannya beda-beda. Serum yang melembabkan, serum untuk kulit kalau lagi berjerawat, serum yang menghilangkan noda jerawat, serum yang mencerah kan kulit dan serum anti-aging. Banyak ya? Memang banyak. Serum-serum ini saya pakai bergantian, tidak pada satu waktu sekaligus.

Bagaimana saya mengatur pergantian pemakaian serum? Jawabannya adalah sesuai dengan kondisi kulit pada hari itu. Misalnya kulit saya lagi terlihat kusam, ya saya pakai serum vitamin C untuk mencerahkan.

Kalau lagi mau PMS, ya saya pake serum untuk jerawat seperti serum Kypris. Kalau kondisi kulit lagi biasa-biasa aja, saya pakai serum anti-aging atau serum yang melembabkan.

Face oil kegunaannya seperti serum hanya saja bentuknya minyak. Dan kegunaannya juga berbeda-beda tergantung masalah kulit. Face oil ga selalu terasa berminyak kok. Kuncinya adalah pakai face oil pada saat keadaan muka masih basah setelah pemakaian toner. Jadi face oil menyerap lebih cepat ke kulit.

Contoh face oil yang ga lengket di kulit: drunk elephant marula oil

Apakah bisa di skip ? NO

  1. Sheet mask
IMG_8992
My Sheet Masks pile

sheet mask dipakai setelah serum. Gunanya meningkatkan kelembapan kulit dan membantu penyerapan serum. Sheet mask bisa digunakan 3-4 kali dalam seminggu. Sheet mask itu kan biasanya penuh dengan essence yang menjaga kelembapan kulit, jadi memudahkan serum atau face oil untuk masuk ke kulit.

Apakah bisa di skip ? YES.

  1. Eye cream
Bloosom Jeju Pink Camellia Soombi Blooming eye gel cream
Bloosom Jeju Pink Camellia Soombi Blooming eye gel cream

Untuk usia diatas 30 (saya masih 25 tahun kok ahahahahaha…) wajib pake eye cream. Di usia segini bagian mata cenderung jadi lebih kering, dan kalau ga rajin pake eye cream bakal lebih cepat terbentuk garis-garis halus di sekitarnya, alias keriput. Saya pake eye cream tiap pagi dan malam. Seperti juga serum, umumnya harga eye cream lumayan wow seperti yang pernah saya review di blog post ini tentang beberapa Eye Creams Review tapi ada juga kok yang affordable.

  1. Pelembab/moisturizer
Bloosom Jeju Pink Camellia Soombi Blooming Cream
Bloosom Jeju Pink Camellia Soombi Blooming Cream

Setelah selesai menggunakan sheet mask, biarkan sampai muka setengah mengering baru deh olesin pelembab. Memilih pelembab itu tergantung jenis kulit pada awalnya. Dulu waktu baru-baru mulai ngetes pelembab, saya cenderung cari pelembab yang teksturnya gel dan kalau dipakai rasanya enteng dan ringan seperti Clinique extend thirst relief. Moisturizer berbeda dengan lotion, biasanya lotion itu lebih ringan daripada moisturizer dan lebih encer texturnya. Bisa di layer satu sama lain, saya sendiri cuma pake moisturizer aja sih. Setelah beberapa lama baru deh cari pelembab yang lebih berat sebagai cream malam. Jadi moisturizer yang ringan buat pagi hari dan yang lebih berat buat malam hari. Tapi ga harus lho ya punya dua moisturizer. Satu juga udah cukup kok.

Apakah bisa di skip ? NO

  1. Sunblock (pagi hari)
Biore Sunscreens
Biore Sunscreens

Untuk pagi hari, dari semua skincare step yang saya lakukan, sunblok atau sunscreen adalah produk paling penting yang wajib banget saya pakai. Tanpa itu, saya lebih baik ga keluar rumah. Tapii nih pada saat saya ga kemana-mana pun, saya tetep pakai sunblock. saya ga pernah skip sunscreen satu kali pun. Kalaupun saya disuruh memilih 1 produk saja yang bisa saya pakai di pagi hari, tanpa ragu saya akan memilih sunblok. Yes, sepenting itu. Kalau kamu udh rajin pake skincare routine tapi ga rutin pake sunblock ya percuma.

Sunblok itu bagaikan tameng kita terhadap sinar matahari yang menjadi penyebab utama penuaan dini, dan dark spot (flek).

Apakah bisa di skip ? ABSOLUTELY NO

  1. Spot treatment (malam hari)
SAMSUNG CSC
pimple spot treatment

Kalau untuk malam hari, terakhir baru deh pake spot treatment, alias obat jerawat totol. Klo saya pribadi, karena obat totol jerawat itu biasanya ga cuma mengeringkan jerawat, tapi juga bikin kulit disekitar jerawat jd kering, makanya saya pakenya terakhir setelah saya selesai melembabkan kulit saya baru deh di tempel obat jerawat. Spot treatment andalan saya bisa dibaca di post ini Pimple spot treatments

Apakah bisa di skip ? YES

Pada dasarnya memilih skincare routine itu diawali dengan membaca. Membaca tentang skincare banyak sekali kok di google supaya lebih paham seluk beluk skincare. Minimal tau dasar-dasar merawat kulit yang baik. Dari membaca itu baru kita bisa mulai memahami kondisi kulit serta kebutuhan kulit kita. Ga bisa kita tanya ke satu orang, “eh pelembab yang bagus buat gue apa sih?” terus tanpa research sendiri produk yang disarankan, langsung aja pake. Lalu ternyata ga cocok, malah marah-marah ke orang yang tadi di tanya.

Karenaaa orang ga tau kondisi kulit kamu, orang punya jenis kulit yang berbeda dengan kamu dan kemungkinan besar jawaban yang dia berikan adalah berdasarkan kecocokan dengan kulit dia semata, bukan kulit kamu. Jadi kita ga bisa menelan mentah-mentah jawaban orang lain, tanpa mencari tau tentang produknya terlebih dahulu. Setelah membaca dan mendapat gambaran seperti apa kondisi kulit kamu baru deh mulai mencoba-coba produk skincare yang kamu pilih.

Bagaimana mengetahui produk skincare mana yang cocok dengan kulit kamu? ya dengan mencoba. Dalam hal mencoba produk skincare baru, pilihlah satu produk untuk di coba dalam waktu satu minggu lalu lihat bagaimana reaksi kulit kamu terhadap produk tersebut. Apabila cocok, maka beri jeda waktu 2 minggu lagi untuk mencoba produk baru lainnya. Karena kalau mencoba lebih dari satu produk skincare baru di waktu yang berdekatan dan ternyata ga cocok, bakalan susah untuk menentukan produk mana yang menjadi penyebabnya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s