Perawatan Kulit Pada Saat PMS Atau Lagi Jerawatan

Selama PMS biasanya kulit saya akan terasa lebih sensitive dari biasanya, agak kemerahan dan muncul jerawat di sekitar dagu. Hormon yang ga seimbang menjadi salah satu penyebab datengnya jerawat di dagu. Untuk itu, skincare saya pada saat PMS akan lebih fokus untuk mencegah jerawat tumbuh lebih besar.

Double cleansing sudah pasti saya lakukan setiap malam hari. PMS atau tidak, double cleansing adalah harga mati. Walaupun saya tidak pergi keluar dan di rumah saja, saya pasti pakai sunblock. Dan sunblock hanya bisa di bersihkan dengan metode double cleansing.

COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol

Biasanya nih kalau udh mulai muncul calon jerawat, saya langsung tangkal pake COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol. Produk ini toner yang mengandung salicylic acid, yang fungsinya membantu bikin jerawat kempes. Pemakaiannya langsung setelah membersihkan wajah, setelah kering baru deh di pakai dengan menggunakan kapas.

Nah kalau jerawatnya udah terlanjur gede, yang saya lakukan adalah potong kapas menjadi ukuran kecil trs basahi kapas dengan  COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol terus di kompres ke jerawat tersebut. Tunggu sampe kering baru lah lanjut ke toner Klairs supple preparation toner.

Kypris Clearing Serum

Kypris Clearing Serum
Kypris Clearing Serum

Lanjutkan dengan serum yang khusus untuk jerawat, seperti Kypris Clearing Serum. Pilih serum yang bahannya seperti tea tree dan cantela.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang terkandung dalam Kypris Clearing Serum:

Aqua/Water/Eau, Glycerin, Chenopodlum Qulnoa Seed Oil, Leuconostoc/Radish Root Ferment Filtrate, Betalne, Zinc PCA, Ahnfeltia Concinna Extract, Syrlnga Vulgaris (Lilac) Leaf Cell Culture Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Prunus Cerasus (Bitter Cherry) Flower Extract, Asiatlcoslde, Larrea Divaricata (Chaparral) Leaf Extract. Camellia Oleifera Leaf Extract, Ceramlde NP, Cltrus limon (lemon) Fruit Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Helianthus Annuus Hybrid Oil, Allantoln, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Lecithin, Butyrospermum Parkll (Shea) Butter, Capryllc/Caprlc Triglyceride, Ascorbyl Palmltate, Maltodextrln, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Montmorillonite, Phospholiplds, Phytosterols, Pyros Malus (Apple) Fruit Extract, Salix Alba (White Willow) Bark Extract, Sarcoslne, Sclerotium Gum, Sodium Anisate, Sodlum Levulinate, Squalane, Tocopherol, Linalool

Serum ini bagus banget untuk kulit yang sedang berjerawat dan tidak terlalu membuat kering terasa kering. Warnanya keruh dan tekstur lumayan cair dan cepat terserap ke dalam kulit. Baunya agak seperti herbal tapi ga akan terlalu mengganggu kalau udah di pakai. Serum ini cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat, hanya saja harganya lumayan mahal dan serum ini hanya bertahan selama 6 bulan setelah botolnya di buka.

 

Naruko Tea Tree Shine Control And Blemish Clear Mask

Naruko Tea Tree Shine Control And Blemish Clear Mask
Naruko Tea Tree Shine Control And Blemish Clear Mask

Masker andalanku kalau lagi jerawatan. Dulu belinya musti jauh banget ke Singapore, tapi sekarang udah masuk Indonesia, aku bahagia 😀

Maskernya warna hitam, dan essence-nya berlimpah, banyak banget. Bau tea tree maskernya lumayan kenceng juga, saya sih ga terganggu karena udah terbiasa. Review masker ini udah pernah saya tulis di The Must-Have Sheet Masks

Masker lain yang membantu mengurangi jerawat dan kemerahan di kulit adalah SK II FTE mask. Tapi harganya kemahalan, jadi naruko tea tree inilah yang menjadi alternatif untuk kulit yang lagi sensitive saat PMS. Bukan dupe lho ya, soalnya kalo masker SK II itu amazing banget deh fungsinya, mencerahkan, bikin glowing, ngurangin jerawat. Naruko tea tree mask lebih fokus ke jerawat dan kemerahan di kulit aja sih.

 

Moisturizer

Langkah terakhir barulah kita tutup dengan pelembab. Biasanya kalau lagi PMS ini, saya cenderung pilih moisturizer yang ringan. Karena sebelumnya udah pake sheetmask dan serum, wajib di tutup dengan moisturizer. Saya cenderung pilih moisturizer yang bertekstur gel. Jadi bisa melembabkan kulit tapi tidak terlalu lengket. Favorit saya adalah Clinique Moisture Surge Extend Thirst Relief  yang sekarang udah ganti nama menjadi moisture surge 72-Hour Auto-Replenishing Hydrator. Saya udah 4 tahun pake moisturizer ini, suka banget ama teksturnya yang kaya gel yang ringan banget di kulit. Bagus sih buat orang dengan kulit berminyak kaya saya. Cuma ya, belakangan karena saya merasa butuh pelembab yang lebih rich buat malam hari (berhubung umur udah kepala 3), jadi saya pakai moisture surge 72-Hour Auto-Replenishing Hydrator ini waktu pagi aja atau malam kalau lagi jerawatan.

Ga harus pake clinique kok, masih banyak moisturizer lain yang bertekstur gel yang bagus. Pokoknya yang udah cocok di kulit kamu aja. Selain Clinique, saya juga suka moisturizer dari Iunik, yang namanya Iunik Cantela Gel Cream.

Spot treatment

selesai semua step skincare, baru deh terakhir saya pakai spot treatment alias obat totol jerawat. Kenapa dipakai terakhir? karena biasanya nih, obat jerawat itu mengandung bahan-bahan yang bikin kulit kering seperti benzoyl peroxide. Efektif memang buat bikin jerawat mengecil tapi ya kalau pakai sekitar 4 hari berturut-turut itu kulit disekitar jerawat juga ikut kering. karena itulah saya melembabkan kulit dulu baru deh di timpa sama obat jerawat supaya kulit ga kekeringan banget. Saya udah pernah bahas obat jerawat di post yang ini Pimple spot treatments

Kalau kamu pakenya yang tipe pimple patch,  maka di tempel langsung setelah cuci muka, kulit udah bersih dan kering langsung ditempel deh pimple patchnya. baru lanjut skincare seperti biasa. Karena pimple patch bakalan ga mau nempel di kulit yang udah pake skincare berlapis-lapis, malah jadi licin.

Oh ya saya juga ga menganut prinsip, kalo ada jerawat maka harus di keringkan maksimal biar ilang. Pernah coba kaya gitu, yang ada jerawat belum kempes malah kulit satu muka berasa kering banget.

Pada dasarnya sih pada saat kulit lagi berjerawat parah atau iritasi saya akan meminimalkan pemakaian skincare, semacam back to basic lah ya. Skincare nya lebih simple, paling cuma 6 step aja (biasanya 10 hehehe…). Ga terlalu banyak lapisan skincarenya tetapi juga harus tetap melembabkan kulit. dan semua produk yang saya gunakan adalah produk-produk andalan saya, yang saya tau udah pasti cocok ada kulit saya apapun yang terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s