Sudah umur segini, terlambatkah untuk strength training?

Halo pembaca, hari ini kita obrolin soal usia dan kaitannya dengan memulai olahraga Latihan beban. Banyak sekali alasan-alasan yang saya dengar untuk tidak Latihan beban karena usia sudah tidak memadai lagi untuk melakukannya. Padahal kebanyakan yang beralasan seperti ini masih berusia 30-40 tahunan, yang mana menurut saya masih masuk kategori muda. Alasan yang biasa saya denger antara lain seperti ini:

“Buat apa sih Latihan beban, umur kita udah ga muda lagi, mana bisa angkat yang berat-berat kaya gitu.”

“ udah jadi mak-mak jangan banyak gaya deh, urus anak aja udah repot”

“umur segini, Latihan beban yang ada malah encok badan”

“ga punya stamina nih, maklum faktor U”

Terdengar familiar ga alasan-alasan diatas? Saya sendiri masuk kategori umur pertengahan 30 an, hampir 40 lah beberapa tahun lagi. Tapi saya ga merasa tua tuh. Di pikiran saya, umur saya masih 25 tahun Hehehe… buat saya usia itu bukan penghalang untuk menghindari olahraga. Memang ga harus olahraga angkat beban, dan ini pun bukan Latihan angkat beban yang level advance kaya atlet lho ya. Lebih ke arah Latihan beban yang membuat kualitas Kesehatan hidup kita meningkat dengan memiliki fisik yang fit. Saya mulai Latihan beban baru di tahun 2021, diumur saya yang dianggap orang “sudah tidak muda lagi”.

“Buat apa sih Latihan beban, umur kita udah ga muda lagi, mana bisa angkat yang berat-berat kaya gitu.”

Woman photo created by artursafronovvvv – www.freepik.com<a href=”https://www.freepik.com/photos/woman”>Woman photo created by artursafronovvvv – http://www.freepik.com</a&gt;

Ini juga kekhawatiran saya sebelum mulai latihan beban. Melihat orang-orang melakukan gerakan deadlift (seperti foto diatas) kok sepertinya berat, pasti saya ga bisa mengangkat segitu beratnya. Tentu saja saya tidak akan bisa mengangkat seberat itu, karena untuk mengangkat beban berat seperti itu pada awalnya pasti angkat beban yang ringan terlebih dahulu baru lama kelamaan bisa angkat yang semakin berat. Dulu juga saya mulainya pake dumble 2 kg kok. Seperti foto gerakan deadlift diatas, bisa banget dimulai dari beban yang ringan. Setelah berlatih beberapa bulan, semakin lama akan semakin meningkat kemampuan mengangkat beban. Tidak ada hubungannya dengan umur, lebih kepada latihan dengan rajin dan tentunya menerapkan prinsip Progresif overload yaitu semakin lama beban yang diangkat akan semakin meningkat. Lalu sampai seberat apa beban yang diangkat? Kalau ini Kembali ke tujuan masing-masing, karena tiap orang punya target yang berbeda.

“ Udah jadi mak-mak jangan banyak gaya deh, urus anak aja udah repot”

              Latihan beban itu bukan hanya untuk gaya kok. Saya juga seorang ibu dengan 1 anak. Saya paham sekali lah beban kehidupan sehari-hari seorang ibu yang harus mengerjakan tugas keseharian di rumah, beberes, masak, nemenin anak sekolah online, bantuin tugas sekolah anak, bekerja di kantor (untuk ibu bekerja), dan lainnya. Rasanya sulit sekali cari waktu untuk olahraga di tengah hidup kita yang sudah sibuk. Tapiiiii percayalah, meski kita sedang tidak sibuk pun, kita tidak akan punya waktu untuk olahraga kalau kita tidak dengan sengaja meluangkan waktu untuk melakukannya.

Tau ga kenapa orang yang udah umur 30 an cendrung lebih gampang gemuk dari sebelumnya ketika masih berusia 20 an? Jawabannya adalah karena semakin berumur, masa otot di tubuh kita akan makin berkurang. Orang yang mempunyai lebih banyak otot akan membakar lebih banyak kalori di tubuh bahkan pada saat tidur. Sedangkan orang dengan masa otot minim lebih sedikit membakar kalori di tubuh.  Itulah salah satu penyebab jadi lebih mudah naik berat badan. Apalagi kalau tidak di barengi dengan latihan beban. Tujuan latihan beban itu sendiri salah satunya adalah untuk meningkatkan massa otot di tubuh sehingga dengan meningkatnya masa otot di tubuh, maka metabolism di tubuh pun akan semakin meningkat. Justru di umur 30 an ini, kamu bisa mulai bikin “tabungan otot” dengan latihan beban.

              Status sebagai ibu maupun usia yang katanya sudah tidak muda itu sama sekali bukan penghalang untuk memulai Latihan beban.  Mungkin memang ada benarnya orang di usia 20 tahunan punya lebih banyak stamina dan energi di banding yang sudah umur 30 an, tetapi dengan latihan beban itulah yang akan membantu kita supaya stamina tubuh kita ga makin lama makin menipis. Apalagi kalau jadi mamak itu kan harus strong, serba bisa dan multitasking. Untuk itulah latihan beban bakal bikin kita sebagai ibu jadi lebih kuat dan lincah mengerjakan tugas-tugas kita sebagai ibu, seperti gendong anak misalnya atau pasang gallon sendiri. Plus, ga cepet capek mengejar anak bayi yang lagi aktif-aktifnya belajar jalan.

“Umur segini, Latihan beban yang ada malah encok badan”

              Encok sih mungkin aja terjadi kalau tehnik latihannya sembarangan. Olahraga apapun pasti ada aja yang bikin badan pegal-pegal dan itu wajar aja. Apalagi kalau kita jarang olahraga tiba-tiba olahraga besoknya badan terasa pegal. Latihan beban itu kan dengan sengaja kita melakukan Gerakan yang merangsang otot untuk bertumbuh dan ada kalanya mengalami DOMS (delayed onset muscle soreness ) DOMS terjadi karena ada robekan kecil (microtears) dalam otot yang memicu proses peradangan pada 24-48 jam setelah olahraga intensif. Tidak ada hubungannya dengan usia. Meski usia 20 an pun tetap akan mengalami DOMS. Jadi jangan takut encok karena latihan beban ya. Sebagai tambahan, banyak juga lho selebriti yang berumur 40 an dan berhasil punya badan yang fit karena latihan beban, seperti contohnya Deddy Corbuzier yang memulai latihan beban di umur 30-an dan sekarang liat sendiri kan hasilnya. Membuat badan fit seperti itu juga butuh proses beberapa tahun, bukan dalam setahun. Asalkan sabar, rajin dan disiplin, umur ga akan menjadi hambatan untuk punya badan yang berotot. Untuk yang sudah menjadi ibu pun jangan takut, latihan beban bertahun-tahun pun, ga akan bisa segede badan Deddy Corbuzier kok. Malahan bikin badan kenceng jadi keliatan awet muda lho.   

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s