Sumber Belajar Diet, Olahraga dan Pola Hidup Sehat

Sepertinya beberapa waktu yang lalu dunia per-diet-an Indonesia lagi heboh ya. Tapi saya ga akan membahas soal itu. Memang banyak banget jenis-jenis diet yang ada dan tentu aja itu bikin kita bingung. Sebenernya mana sih diet yang bagus itu? Balik lagi ke individu yang menjalankan ya. Saya sendiri setelah membaca beberapa buku tentang diet, saya menyimpulkan bahwa inti dari diet itu adalah kalori deficit. Kalori masuk vs kalori keluar. Kalau mau menurunkan berat badan ya harus deficit kalori, tapi ga deficit yang terlalu ekstrem ya. Cukup makan 100-300 kalori lebih kecil dari kalori maintenance kita. Jadi kalau kalori maintenance kamu itu 1500, cukup makan di kalori 1300-1200 aja ga perlu sampe ekstrem makan hanya 500 kalori per hari.

Sebelum memutuskan untuk melakukan diet tertentu, ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu apakah diet tersebut membahayakan atau tidak. Luangkan waktu untuk membaca mengenai diet tersebut.   Nah di blog post ini saya mau share tentang sumber belajar pola hidup sehat yang saya ikuti, dimana setelah paham dan menerapkannya saya bisa menurunkan berat badan tanpa harus tersiksa makan 500 doang dalam sehari.

  1. Buku “I Hate Diet”, penulis Yulia Baltschun

Buku ini bagus banget buat orang yang ga ngerti sama sekali tentang diet. Saya udah pernah tulis review buku ini di Book review : “I Hate Diet” by Yulia Baltschun. Tentunya kamu juga bisa belajar banyak dari youtube channelnya Yulia Baltschun.

  • Buku “Bukan Buku Diet”, penulis Alvin Hartanto

Buku ini gampang banget di baca, mungkin sehari baca juga selesai. Ga begitu tebal dan langsung to the point pembahasannya. Buku  “I Hate Diet”nya Yulia Baltschun lebih tebal dan informative, Cuma untuk mendapatkan buku ini agak susah karena harus pre-order dulu. Kalau kamu masih dalam waiting list buat dapetin buku “I hate diet”, bisa cek buku “Bukan Buku Diet” yang pembeliannya lebih mudah yaitu di Gramedia. Alvin Hartanto juga sering berbagi tips olahraga melalui Instagramnya @thefamousfitness

  • Diet Santuy

Diet santuy ini ada di Instagram (@dietsantuy.id) dan Youtube juga. Video-video youtubenya selalu dikemas dengan animasi-animasi yang menarik sehingga pada saat nonton saya merasa belajar tentang diet itu menyenangkan. Informasi yang di sampaikan secara ringan, jadi mudah sekali dimengerti. Saya merasa cocok dengan konten-konten diet yang di sampaikan oleh Diet Santuy karena isinya itu flexible diet. Jadi ga ada larangan yang terlalu ketat soal makanan dan selalu mengedepankan  mindset diet dengan santuy (persis seperti judulnya). Selain itu Diet Santuy juga punya program komunitas Team Diet Santuy dimana mereka membagikan ilmu pengetahuan tentang diet dengan lebih detail dan tidak di publish di youtube channelnya. Saya salah satu orang yang join ke komunitas diet santuy tersebut. Setelah bergabung dengan komunitas itu saya lumayan mendapat pencerahan mendalam tentang ilmu perdietan.

Mungkin orang berpikir, buat apa bayar untuk masuk komunitas diet santuy, toh bisa dapat ilmu gratis di youtube. Memang benar sih kamu bisa belajar gratis melalui youtube, tetapi ya ini adalah pilihan. Terkadang ilmu yang kita dapatkan dengan membayar itu jauh lebih berkualitas dari yang kita lihat secara gratis. Kalau saya sih menganggap hal itu sebagai investasi saya untuk kesehatan saya. Menurut saya, diet santuy sangat layak untuk dijadikan acuan pola makan yang benar untuk diet yang berkesinambungan hasilnya.

  • Greg Doucette

Greg Doucette ini adalah seorang Pro Body Builder, power lifter dan coach. Jadi dia merupakan binaragawan professional dan juga seorang fitness coach. Kalau nonton youtube channel-nya, saya seperti melihat Gordon Ramsay dunia fitness, karena di semua video youtube-nya gaya bicara Greg seperti orang lagi marah-marah. Tapi jangan salah video-vidoe youtube Greg itu banyak banget ilmu pengetahuannya dari mulai massa otot, nutrisi, pola latihan sampai hoax yang sering berseliweran di youtube tentang fitness. Dia juga share resep-resep makanan rendah kalori tapi bikin kenyang karena tinggi kandungan proteinnya. Paling menarik sih kalau greg lagi mengekspos fitness influencer yang mengajarkan mitos-mitos yang salah soal diet. 

  • Jeremy Ethier

Youtube channel Jeremy Ethier selalu memberikan informasi-informasi yang bagus tentang olahraga. Dia lebih membahas teknis Gerakan-gerakan olahraga yang benar, science dibalik suatu teori fitness, membahas tentang nutrisi dan  membangun otot. Jeremy Ethier mengajarkan sesuatu lengkap dengan dasar-dasar ilmunya. Jadi ga cuma memberikan ilmu, dia juga kasih bukti-bukti jurnal atau buku yang mendukung ajarannya. Kalau melihat channel youtube Jeremy ini tadinya saya pikir cuma bermanfaat buat cowok aja, tapi setelah di lihat lagi gak kok. Cewek pun bisa mengambil manfaat dari ajaran Jeremy Ethier.

  • Buku “Thinner Leaner Stronger the Simple Science of Building the Ultimate Female Body” penulis Michael Matthews.

Buku ini hanya ada versi Bahasa Inggris saja, saya membacanya dalam bentuk e-book yang bisa di dapatkan di Amazon mauppun Tokopedia. Sesuai judulnya, buku ini membahas bagaimana membentuk tubuh yang kuat dan ramping untuk wanita. Saya sengaja mencari buku yang membahas pembentukan otot khusus untuk wanita secara lebih mendalam, karena seperti yang kita ketahui komposisi tubuh wanita dan pria berbeda dalam pembentukan ototnya.

Mirip dengan buku “I Hate Diet”, buku ini membahas basic dari diet yang sehat lengkap dengan penjelasan istilah-istilah dalam dunia fitness. Membahas penurunan berat badan yang sehat secara ilmiah serta nutrisi dari makan yang mendukung pembentukan otot. Ada juga bab yang khusus membahas suplemen fitness seperti whey protein, BBCA, fat burner, pre workout supplement dengan lebih detail.

Beberapa bab terakhir buku ini, penulis menuliskan jenis Latihan apa yang dapat dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan tubuh yang ramping. Penulis memberikan contoh workout plan seperti apa yang bisa dilakukan untuk pemula maupun wanita yang lebih berpengalaman dalam Latihan dengan menggunakan beban, dari mulai upper body, lower body dan full body workout. 

Sebenarnya banyak juga akun-akun Instagram dari fitness influencer Indonesia yang isinya memberi banyak manfaat mengenai makanan sehat, Gerakan angkat beban dengan benar, reverse diet, dan lain-lain. Akun Instagram yang saya ikuti diantaranya; @bayuajiefit, @desyindarta, @steadfastnick, @alvinaolivia, @thefamousfitness, @zhiyamaulana, @petitedivaa dan @sallytanudjaja. Masih banyak lagi kok influencer fitness di IG yang bisa di follow. Ilmu yang mereka share banyak sekali, dan kita pun bisa mendapat pencerahan dari Instagram feed mereka. Penurunan berat badan dan hidup sehat itu ada ilmunya, memang sekilas kalau kita baru pertama kali baca-baca sepertinya kok repot banget mau kurus aja tapi percayalah hasilnya akan sebanding dengan usaha yang kita lakukan. Pelajari aja dengan perlahan, dan selalu ingat bahwa penurunan berat badan itu butuh usaha, belajar, progress dan pastinya butuh waktu.

Salah satu quote tentang pola diet sehat yang terbaik menurut saya “the best diet is the one you can follow for the rest of your life”. Artinya Pola diet yang terbaik untuk kamu adalah pola diet yang dapat kamu lakukan seumur hidup. Pola makan dan olahraga yang dapat kamu lakukan secara berkesinambungan dalam jangka waktu panjang. Bukan hanya diet yang menurunkan berat badan sangat banyak dalam waktu singkat. Memang akan turun misalnya 10 kg dalam 2 bulan, tapi apakah setelah 1 tahun menjalaninya kamu bisa mempertahankan diet seperti itu dalam jangka waktu panjang tanpa menyakiti badan kamu? Jadi pilihlah pola makan dan pola olahraga yang sesuai dengan gaya hidup kamu dalam jangka waktu Panjang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s